Sistem Pencairan Dana Desa masih menggunakan PP 60 Tahun 2014 dan PP 22 Tahun 2015

Makassar, 22 Maret 2016
Dalam rangka evaluasi Implementasi Pencairan dana Desa dan keterkaitan Pendamping Desa yang direkrut Tahun 2015 akan menjadi topik khusus pada kegiatan Rapat Koordinasi Teknis P3MD yang berlangsung sehari diruang rapat pimpinan Badan Pemberdayaan Masyarakat, Pemerintahan Desa dan Kelurahan Provinsi Sulawesi Selatan.

Rapat di buka oleh Kepala BPMPDK Prov. Sulsel. H. Mustari Soba, SH, M.Si yang didampingi Kepala Bidang Pemerintah Desa dan Kelurahan BPMPDK Prov. Sulsel Rais Rahman, S.STP, M.Si menyampaikan beberapa hal yang dianggapa penting kepada peserta rapat yang terdiri dari kepala BPMD Kabupaten dan Para Pendamping Desa atau tenaga ahli kabupaten yang sebahagian adalah Eks PNPM MP yang direkrut ulang tahun kemarin (2015).
disampaikan ileh kepala BPMPDK Prov. Sulsel bahwa untuk tahun 2016 dana desa belum dicairkan karena kemungkinan sistem pencairan dana desa tahap I dan berikutnya akan mengalami perubahan, untuk tahap I akan jatuh pada Bulan Maret sebanyak 60 % dan Tahap II pada bulan Agustus sebanyak 40%, namun sampai saat ini dari PP terkait belum ada penyampaian secara resmi. jadi kemungkinan masih mengunakan PP yang lama yakni PP 60 Tahun 2014 dan PP 22 Tahun 2015.
disampaikan pula agar para tenaga ahli kabupaten agar segera menyampaikan pelap[orannya terkait kondisi dengan laporan konsolidasi Penggunaan Dana Desa Tahun 2015 yang disusun oleh pemerintah kabupaten sampai dengan 31 maret 2016. untuk dilaporkan ke Satker Provinsi.
Banyak hal yang harus di koordinasikan dalam rapat kali ini. salah satunya juga diinstruksikan kapada Seluruh Kepala BPMD kabupaten dan Pendamping Desa agara membangun hubungan kerja yang harminis dan salinng melengkapi satu sama lain, H. Mustari Soba, SH, M.Si tidak ingin ada pendamping desa yang tidak melakukan koordinasi dengan BPMPD selaku “rumah bagi para pendamping desa”. create By Valnsky

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *