Replikasi Aplikasi Sibumdesa di Kabupaten Bone

Makassar, 20 Pebruari 2017
Selama kurang lebih 4 tahun sejak UU Desa tahun 2014 diberlakukan, Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan dalam hal ini Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa telah melakukan berbagai upaya dalam mengawal undang undang desa dimaksud, salah satunya adalah dengan melakukan pembinaan dan mengevaluasi tingkat perkembangan Badan Usaha Milik Desa yang ada di Kabupaten sebagai salah satu cita cita UU Desa Tahun 2014.
Sinkronisasi program dan kegiatan yang dilakukan Pihak Provinsi dan Kabupaten telah menumbuhkan rasa percaya diri khusunya dimasyarakat perdesaan dengan harapan bahwa desa yang merupakan basis kokoh dalam menunjang pembangunan di Indonesia berharap dapat menjadikan desa yang maju, mandiri dan sejahtera. khsuusnya para pengelola bumdes yang merupakan lembaga Ekonomi yang mampu memandirikan masyarakatnya. Bumdes kabupaten, melalui Sistem Informasi Badan Usaha Milik Desa atau biasa disingkat (http://bpm.sulselprov.go.id/bumdes) yang telah dibangun oleh Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan desa sejak tahun 2014, merupakan salah satu media yang dapat dikomsumsi oleh seluruh lapisan masyarakat dan stakeholder sebagai kontrol maupun sebagai sarana mengindentifikasi tingkat perkembangan BUMdes yang ada Di Sulawesi Selatan.
Kabupaten Bone, adalah salah satu Kabupaten yang telah mereplikasi Sibumdes hingga ke level Desa, sehingga seluruh kebutuhan Informasi yang ada di lokasi Bumdes dapat terupdate dengan baik dan cepat. bahkan di awal tahun ini,pemerintah Kab. Bone tengah melaksanakan Bimtek Pengelolaan Administrasi Keuangan yang akan dimasukan kedalam Sistem Informasi BUmdes,agar pengelola Bumdes dapat lebih memahami tata kelola keuangan berbasis IT.(by Valnsky)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *