Politikus Hanura: Presiden Jokowi telah melecehkan DPR

Makassar – Anggota Komisi III DPR Sarifuddin Sudding meminta agar Presiden Joko Widodo segera dihadirkan di DPR. Hal itu guna dimintai penjelasan soal keputusannya menunda pelantikan Komjen (Pol) Budi Gunawan sebagai Kapolri.

Politikus Hanura itu menilai keputusan Jokowi menunda pelantikan tersangka rekening gendut dan transaksi mencurigakan menjadi Kapolri itu telah melecehkan DPR.

“DPR RI harus bersikap kepada presiden karena telah melecehkan DPR RI. Panggil Presiden Jokowi dan berikan penjelasan di DPR RI,” kata Sudding di Gedung DPR, Senayan, Jakarta, Selasa (27/1).

Dia berharap, pimpinan DPR bisa segera mengirim surat pemanggilan ke Jokowi untuk menjelaskan persoalan tersebut. Karena, seluruh permintaan Jokowi kepada DPR tentang calon Kapolri Komjen Budi Gunawan sudah dilaksanakan dan dijalankan sesuai prosedur yang berlaku. Bahkan, DPR sudah menyerahkan hasilnya kepada Jokowi.

“Komisi III mendesak pimpinan DPR RI agar menyurati Presiden Jokowi. Panggil Presiden Jokowi untuk memberikan penjelasan di DPR RI. Jangan memberikan penjelasan di luar sana, jangan hanya sekadar lewat jumpa pers saja,” tegasnya.

Dia menambahkan, jika pimpinan DPR bisa menghadirkan Jokowi di parlemen minimal ada penjelasan secara langsung atas sikapnya menunda pelantikan mantan ajudan Megawati Soekarnoputri itu menjadi Kapolri.

“Paling tidak Dewan ajukan hak dan presiden ajukan jawaban kenapa tidak dilaksanakan apa yang telah dilakukan DPR,” tandasnya

Sumber :Merdeka.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *