Peningkatan Kapasitas Aparat Pemerintah Desa

Makassar, Ditjen Bina Pemerintahan Desa kemendagri RI kerjasama Satker Badan Pemberdayaan Masyarakat, Pemerintahan Desa dan kelurahan Provinsi Sulawesi Selatan melaksanakan pelatihan Penigkatan kapasitas Aparat Pemerintah Desa yang berlangsung selama kukrang lebih 8 minggu, dengan target 185 angkatan berasal dari 21 kabupaten.
Kegiatan yang oleh para kepala Desa, Sekretaris, bendahara dan staf kecamatan memiliki waktu belajar selama 5 hari disetiap pemanggilan mulai dari tanggal 13 oktober dan berakhir 3 Desember 2015.
Pelaksanaan dilakukan serentak di 13 Hotel secara bersamaan, yakni, Hotel grand Asia, Grang Fasilfik, Hotel Alden, Hotel Serella, Hotel Romedo, Hotel Horison, Hotel Ramayana, Hotel maleo, Hotel Fave, Grand Imawan, Hotel Continent, Hotel Celebes dan Hote Aswin.
keseluruhan kegiatan didampingi oleh narasumber Provinsi dan Kabupaten yang terdiri dari Narasumber Provinsi (BPMPDK), IPDN regional, Pusdiklat Kemendagri RI, Biro Pemerintah Umum Setda Provinsi, BPMD Kabupaten, Inspektorat Kabupaten dan Bappeda Kabupaten serta notulen yang direkrut secara instan dari perguruan tinggi swasta untuk ikut membantu pelaksanaan kegiatan yang bersumber dari pendanaan APBN 2015 (Dekon).
Adapun hasil yang diharapkan dari kegiatan ini adalah kemapuan para penyelenggara pemerintahan Desa agar mampu mengelola program dan kegiatan yang berkaitan dengan pelayanan serta dengan semangat UU Desa secara profesional, efisien dan efektif terbuka serta bertanggung jawab.
sebagai Acuan pengajaran menggunakan meetode Ceramah, tanya jawab, curhat pendapat, Diskusi kelompok, Diskusi Pleno, Panel, Praktek, Peragaan, Simulasi, Kerja Perorangan, Sumbang Saran, serta berbagi Pengalaman bagi masing peserta pelatihan.(Valnsky)