Pengelola SIBUMDes Berkumpul Di DPMD Prov. Sulsel

Bimbingan teknis Pengelolaan Sistem Informasi Badan Usaha Milik Desa (Sibumdes) berlangsung dari tanggal 9 – 10 Maret 2017 bertempat di Balai Pelatihan Pemberdayaan Masyarakat (UPTD) DPMD Prov. Sulsel.
sebagai tindak lanjut atas Perubahan Struktur Organisasi di Lingkup Pemerintah Provinsi dan Kabupaten/Kota yang berdampak pergeseran para Aparat Pengelola Data BUMDes, hal ini telah di antisipasi Oleh DPDM Provinsi Sulsel dengan melakukan kembali Bimtek SIBUMDEsa bagi pengeloa agar kelangsungan penginputan data BUMDes yang Merupakan salah satu sumber Informasi perkembangan BUMDEsa yang ada di Sulawesi Selatan.
dari hasil rakapitulasi BUMDes yang terbentuk di Sulawesi Selatan berdasarkan data SIBUMDes yang dikelola langsung oleh DPDM Kabupaten tercatat sebanyak 873 BUMdesa dengan Omzet Rp. 22,104,398,728 untuk keseluran BUmdes yang ada Sulawesi Selatan (http://bpm.sulselprov.go.id/bumdes/).
angka ini tercapai setelah dilakukan penginputan langsung oleh pengelola pada kegiatan Bimtek, harapan penyelenggara agar angka ini dapat meningkat setelah para peserta kembali ke tempat tugas masing masing, dengan tetap menjaga keakuratan datanya.
Dalam Sambutannya Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Prov Sulsel H.Mustari Soba, SH, M.Si mengharapakan agar Sistem ini dapat juga di replikasi oleh kabupaten, dan sistem ini dapat di kelola langsung oleh pengelola BUMDes yang ada di Desa. agar data aktifitas BUMDes benar benar Up to Date, namun tetap tervalidasi datanya melalui sistem yang ada di Kabupaten dengan menerbitkan bukti bukti fisik.(create By Valnsky)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *