Kemendagri menuju Kemendesa, PDT dan Transmigrasi

Makassar, 26 Maret 2015

Kekwatiran ditubuh lembaga /instansi pemberdayaan masyarakat, khususnya di provinsi sulawesi selatan, membuat para aparat BPMPD dengan adanya perubahan struktur di kementerian. akhirnya dengan kesepakatan antara BPMPDK Provisi dan Kabupaten /Kota sepakat untuk melakuakn kunjungan ke Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi.

Rombongan yang di terima langsung pejabat kementerian yang juga berasal dari Makassar, Andi Ilham yang didampingi bapak mulyadin dan hasman direktur dikemeterian Desa. Dalam diskusi terbuka yang diselenggarakan dengan sangat santai bertukar pertanyaan anatar BPMPD dan Kementerian Desa.

Diskusi yang dibuka oleh Andi Ilham memberikan kesempatan kepada audensi, untuk memmberikan pertanyaan tentang program program dan kegiatan. karena ada ada beberapa kegiatan yang sudah menjadi program dan kegiatan reguler di BPMPD dikwatirkan tidak dapat dilaksanakan pada tahun ini, misalnya Gelar Karya Pembedayaan Masyarakat, Gelar Tekhnologi Tepat Guna, Pelaksanaan Bulan Bhakti gotong Royong dan beberapa kegiatan lainnya.

Dengan adanya Dana Desa yang sampai saat ini juga menjadi issue hangat di tingkat desa mendorong rombongan dari sulawesi selatan untuk mendapatkan informasi yang akurat tentang penyaluran dananya. sehingga mampu memberikan infomaarsi yang baik. dijelaskan oleh Andi Ilham bahwa saat ini sedang dilakukan sosialisasi langsung ke daerah daerah terkait dengan dana desa ini, jika kemendesa berbicara tentang permen no 5 tahun 2015 tentang penetapan prioritas penggunaan dana desa dan kementerian keuangan berbicara tentang penyalurannya sedngkan kemendagri berbicara masalah pemerintahannya itu dilakuakan bersama sama.

jadi ada beberapa kriteria dan persyaratan untuk mendapatkan dana desa, dan itu dituangkan dalam permen. hingga pengucuran dana BUMdes yang kemungkinan juga akan disalurkan bagi Desa yang memiliki BUMDes yang benar benar sudah berjalan dengan sehat.(by Valnsky)

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *