Dunia Perbankan Menjajaki Kerjasama BUMDesa di Sulawesi Selatan

Makassar, 12 Juli 2016
Kegiatan proyek perubahan BUMDes Connection, BPMPDK Prov. Sulsel memfasilitasi pihak perbankan agar berkeinginan bekerjasama dengan Kelembagaan Badan Usaha Milik Desa (BUMDesa) yang tersebar di 21 kabupaten provinsi Sulawesi Selatan.
Keberadaan BUMDes ini adalah salah satu program prioriras pemerintah tahun 2014-2019, yakni membangun Indonesia dari pinggiran dengan memperkuat daerah daerah dan Desa. dengan target agar terbentuk 5000 unit termasuk dengan BUmdes yang telah terbentuk sebelumnnya.
Dengan dasar inilah upaya pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan akan menggandeng pihak Perbankan dalam upaya pengembangan usaha ekonomi BUMDEsa yang sampai saat ini untuk secara keseluruhan, BUMDEsa yang ada di Sulawesi Selatan telah memiliki Omzet sebesar Rp. 12.305.273.212,- dengan jumlah BUMDes yang telah terbentuk sebanyak 598 (sumber : www.bpm.sulselprov.go.id/bumdes).
Hal ini juga telah disampaikan oleh Kepala Bidang Pengembangan Usaha Ekonomi Masyarakat BMPDK Prov. Sulsel, IR. Musran A, Muchsin, MSi sekaligus sebagai reformer proyek perubahan BUMDes Connection. padap Pertemuan Senin tanggal 12 Juli 2016 di ruang rapat pimpinan BPMPDK Prov. Sulsel bersama Pihak Bank Sulsel, BNI dan dan Bank BRI.
Harapan dari Pemrpov Sulsel, agar pihak perbankan ataupun lembaga keuangan yang ada di Sulawesi Selatan mampu bekerjasma dengan BUMDesa dan mendorong serta memfasilitasi dengan memberikan kemudahan akses modal usaha bagi BUMDEs yang telah bersyarat, sekaligus memfasilitasi dalam pembinaan dan peningkatan sumber daya manusia sehingga mampu bermitra dengan lembaga keuangan lainnya. melalui proyek perubahan ini, sementara difasiiltasi MOU antara pemerintah Kabupaten Barru dengan PT. Bank Negara Indonesia (Persero)Tbk dan nota kesepahaman antara pemerintah kabupaten Bantaeng dengan PT. Pegadaian (Persero)/Data Sources : by Valnsky

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *