Desa Nepo Bangun Taman Baca Yang Asri dan Nyaman

Makassar, 17 MAei 2018
Undang-undang No 6 Tahun 2014 tentang Desa, tahun 2018 ini, penerapannya sudah memasuki tahun ke 4. Tentunya sudah banyak regulasi turunan dari UU tersebut, yang dihasilkan untuk menjadi pegangan oleh para pihak. Beberapa aturan turunan tersebut bentuknya macam-macam, ada Peraturan Pemerintah (PP), Peraturan Menteri (Permen), dan ada juga Peraturan Bupati bahkan Peraturan Kepala Desa
Dalam Permendes 22/2016 pasal 5 disebutkan bahwa Dana Desa digunakan untuk membiayai pembangunan desa yang ditujukan untuk membiayai pembangunan masyarakat desa, peningkatan kualitas hidup manusia serta penanggulangan kemiskinan. Salah satu bentuknya adalah Pengadaan, Pembangunan, pengembangan, dan pemeliharaan sarana prasarana pelayanan sosial dasar untuk pemenuhan kebutuhan kesehatan masyarakat, Pendidikan dan Kebudayaan.
sebut saja salah satu Desa dari 12 desa Percontohan sebagai desa laboratorium Lapang yang dikeluarkan oleh Gubernur Sulawesi Selatan tahun 2017 melalui Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa adalah desa nepo yang membuat konsep perpustakaan yang asri dan nyaman yang telah dilengkapi jaringan internet.
hal ini merupakan salah satu bentuk pelayanan sosial dasar yang telah dikembangkan oleh kepala Desa Nepo Ambo Enre Ontong.
Dinas PMD Prov. Sulsel bersama Dinas Perpustakaan dan Kearsipan, Dinas Komunikasi dan Informasi, Bappeda Provinsi, Ketua Forum Coorporate Social Responsibility (CSR) dan Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar, belum lama ini sepakat menandatangani nota kesepahaman dalam upaya memandirikan masyaraklat desa melalui berbagai program yang disepakati, diantaranya distribusi bantuan Buku pustaka dan jaringan wifi. namun sampai saat ini distribusi belum terlaksana disebabkan pihak CSR coca cola dan Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Sulsel masih menunggu pengajuan proposal dari 12 Desa Percontohan yang telah rampung Sarana Perpustakaannya termasuk judul judul buku yang dibutuhkan Desa.(valnsky)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *